Jasa bangun Rumah di Yogyakarta - Melayani dengan sepenuh hati

PROFIL

Terdiri dari SDM yang mumpuni dibidang arsitektur, sipil dan desain interior serta berpengalaman membangun rumah dan perumahan sederhana hingga mewah di Jogja dan sekitarnya.
Bermisi membangun rumah dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dengan sentuhan inovasi dan profesionalisme didasari aspek pehitungan struktur serta spesifikasi material sehingga terwujud rumah yang sehat, nyaman dan nyaman. Pelayanan berdasarkan kepercayaan kepada seluruh pelanggan menjadikan kami mendapat rekomendasi dari pelanggan yang lain.

.................................................................................................



ARTIKEL:

Sabtu, April 16

Estetika Sebuah Kamar Mandi

Konsep dasar dalam rancangan sebuah kamar mandi adalah dari segi tata letaknya yang fungsional. Dengan area yang terbatas dapat pula dihadirkan sarana mandi yang lengkap dan nyaman.
Sekarang ini, kegiatan mandi dijadikan bagian dari relaksasi. Kehadiran sebuah kamar mandi bukan hanya sebagai sarana untuk membersihkan diri atau menghilangkan rasa lelah tetapi juga sebagai sarana untuk memuaskan tuntutan nila-nilai estetika, maka kehadiran kamar mandi hendaknya dirancang sesuai dengan kebutuhan. Faktor efisiensi dari area yang ada akan menjadi pertimbangan bagi kelengkapan perangkat kamar mandi. Memang, saat ini para pemilik rumah cenderung untuk melengkapi dan menata kamar mandi mereka dengan perangkat-perangkat tertentu, seperti shower, bath tub, kloset, wastafel bahkan bidet dan rak penyimpanan handuk serta beberapa aksesori penunjang kamar mandi.


Bentuk ruang mempengaruhi bentuk perangkat
Bentuk-bentuk ruang kamar mandi dapat dibedakan atas bentuk persegi panjang atau bujur sangkar. Untuk kamar mandi berbentuk persegi panjang area bath tub dan shower dapat ditempatkan disudut ruang, hal ini untuk menciptakan ruang yang berkesan luas dan menghindari kesan monoton.
Umumnya kamar mandi masa kini memiliki perbedaan antara daerah basah dan daerah kering. Yang dimaksud dengan daerah basah adalah area disekitar shower, sedangkan area sekitar wastafel termasuk daerah kering. Itulah sebabnya wastafel biasa ditempatkan tidak jauh dari pintu masuk. Hal ini diterapkan selain untuk memperpanjang usia pintu, area wastafel juga lebih bersifat umum.
Yang terpenting, agar dapat mempercantik kamar mandi, kenalilah bentuk ruangnya terlebih dahulu. Dari sini, penataan perangkat, jenis materi perangkat, serta aksesori yang patut ditampilkan dapat dipikirkan secara teliti dan terencana. Selera, kejelian mata dan cita rasa seni Anda dapat tampil maksimal. Tidak hanya itu, keberanian Anda dalam memadukan bentuk-bentuk dan nuansa pun dapat ditonjolkan.

Aksesori dan penempatannya
Hal yang cukup menarik dalam mengatur tata letak kamar mandi adalah cara menempatkan bath tub nya, mengingat bentuk-bentuk perangkat tersebut sekarang banyak ragamnya, bahkan ada pula yang unik dan dapat dijadikan sebagai pusat perhatian, misalnya ditempatkan tepat berhadapan dengan pintu masuk atau disudut ruang kamar mandi. Dan sudah barang tentu, bentuk perangkat ini harus disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Untuk menekankan keberadaannya kita juga dapat membuat permainan ketinggian lantai di area sekitar bath tub. Apabila luas area terbatas, dapat dihadirkan kaca lebar atau pembatas kaca, supaya berkesan luas.
Demikian juga halnya dengan penempatan perangkat shower. Karena pada umumnya shower biasa diletakkan didaerah basah, maka tidak ada salahnya bila area ini dilindungi dinding masif atau dinding yang tembus pandang, misalnya dengan penggunaan glass block atau kaca buram sehingga air yang terpancar shower tidak membasahi daerah kering.
Agar area kloset sedikit lebih privasi sebaiknya dilindungi oleh semacam dinding yang tidak perlu setinggi langit-langit, tetapi sekitar 80-100 cm dari permukaan lantai. Dapat juga perangkat kloset ini ditempatkan agak tersembunyi, yaitu pada salah satu sudut yang lebih menjorok kedalam. Washtafel yang ada pada sebuah kamr mandi juga dapat berfungsi sebagai ruang rias, apabila tidak tersedia ruang rias tersendiri.
Sebagai bahan penutup lantai kita dapat memilih material marmer atau granit atau dapat pula materi keramik, atau gabungan antara marmer dan keramik, granit dan keramik. Apabila Anda memilih marmer atau granit, harus diperhatikan segi keamanannya, misalnya lantai yang licin. Penggunaan ragam hias pada lantai atau border bermotif pada sebagian dinding akan menyemarakkan kamar mandi Anda. Untuk pencahayaan seluruh ruang, dapat menggunakan lampu TL, sedangkan area wastafel dapat menggunakan lampu downlight, lampu sorot atau up-bow bilamana perlu.
Tata letak sarana pelengkap kamar mandi yang dipikirkan secara matang akan menghasilkan sebuah kamar mandi yang baik dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga.


Pembagian ruang dan pemilihan bahan
Karena intensitas pemakaian daerah basah dan kering berbeda, maka kita harus mempertimbangkan jenis dan sifat materi yang akan digunakan. Untuk daerah basah kita dapat menggunakan materi yang tidak licin, atau dapat juga memadukan kedua sifat materi (licin dengan kasar) hanya sebatas pada aksen. Selain menggunakan materi yang beraneka ragam dan warna serta motifnya, kita juga dapat memilih perangkat yang diperlukan dalam satu warna. Pemilihan warna yang berbeda pada perangkat ini tidak akan mengurangi keindahannya, asal dilakukan dengan hati-hati. Pemakaian warna senada atau kontras akan terlihat kian menarik.


(Sumber: majalah Asri, Oktober 1996)

( Jasa Bangun Rumah di Jogja )

Artikel lain:

Batu Alam di Ruangan Keluarga
Masalah Yang Sering Timbul Pada Cat Dinding
Furnitur Rumah Modern
Interior Modern Natural
Carpot Menarik Rumah Jadi Cantik
Alumunium dan Baja Ringan
Enaknya Pilih Klasik, Art Deco, atau Modern?
Dinding Bata Tempel Hias Imitasi Dari Bubur Kertas
Dapur Kecil Yang Memikat
Lantai Keramik Cantik Tak Berarti Mahal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar