Jasa bangun Rumah di Yogyakarta - Melayani dengan sepenuh hati

PROFIL

Terdiri dari SDM yang mumpuni dibidang arsitektur, sipil dan desain interior serta berpengalaman membangun rumah dan perumahan sederhana hingga mewah di Jogja dan sekitarnya.
Bermisi membangun rumah dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dengan sentuhan inovasi dan profesionalisme didasari aspek pehitungan struktur serta spesifikasi material sehingga terwujud rumah yang sehat, nyaman dan nyaman. Pelayanan berdasarkan kepercayaan kepada seluruh pelanggan menjadikan kami mendapat rekomendasi dari pelanggan yang lain.

.................................................................................................



ARTIKEL:

Senin, Juni 28

Dinding Bata Tempel Hias Imitasi dari Bubur Kertas

Untuk menghasilkan dinding yang lebih ekspresif, tak melulu polos dengan polesan cat, biasanya kita memberikan 'sentuhan' khusus pada dinding rumah. Caranya tentu saja bermacam-macam. Sebagian dari Anda mungkin lebih memilih wallpaper untuk menghadirkan warna-warni dan motif yang lebih hidup. Itu sah-sah saja. Tapi jika lebih menginginkan kesan alami dan unik, Anda bisa memilih batu alam atau batu bata untuk ditempelkan di dinding rumah.
Kesan unik pastilah akan menarik perhatian. Tapi batu alam atau batu bata terkesan berat, dan mempunyai warna tersendiri yang kadang tak senada dengan furnitur rumah. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat batu bata dari bahan bubur kertas yang bisa diwarnai sesuai keinginan Anda.
Bahan baku batu bata imitasi ini adalah kertas koran bekas dicampur dengan semen putih, air, dan perekat. Meskipun terbuat dari bubur kertas, toh bata imitasi ini mampu menambah keindahan ruangan di rumah Anda. Rumah terasa lebih nyaman dan terkesan ringan, tak seperti batu bata asli yang tiga kali lebih berat.
Batu bata imitasi ini juga memudahkan Anda dalam hal pemasangan, karena bisa dibongkar. Tak perlu membayar tukang, karena Anda sendiri bisa memasangnya dengan cepat. Waktu yang dibutuhkan paling hanya delapan jam, di luar pekerjaan plester aci dan finishing. Jika bahan batu bata imitas telah Anda siapkan, maka yang pertama harus dilakukan adalah periksa kelurusan dari permukaan dinding yang sudah diplester. Ukur dengan cermat dinding yang akan dipasang batu tempel hias. Jika batu tempel hias itu membentuk alur motif, pastikan sudah tersusun dengan benar.
Lalu tuang lem putih PVC Fox atau lem silikon (glue gun) pada empat sudut bagian belakang batu tempel hias. Pasang satu per satu, dimulai dari bagian bawah ke atas. Kemudian tekan dengan bantuan tangan dan diamkan satu atau dua menit. Pastikan batu sudah menempel pada dinding. Lakukan coating secara merata di permukaan dinding untuk menjadi daya tahannya.
Perhatikan aktivitas di ruangan, jika Anda memutuskan untuk memakai dinding batas imitasi dari bubur kertas ini. Andai ruangan sering dilalui orang, sebaiknya pemakaian tidak di seluruh dinding. Area dinding yang sering terbentur akan membuat bata imitasi cepat lepas.
Jika ingin memasangnya di teras atau ruang luar, pasanglah setinggi 100 sentimeter dari permukaan lantai. Ini untuk menghindari tampias air hujan. Jika ingin memasang aksesori dinding seperti lukisan, tancapkan paku di celah nat bata tempel hias agar paku tertahan kuat dan tidak merusak.
Untuk menjaga keawetan, lakukan coating minimal enam bulan sekali. Membersihkan dinding batu bata tempel hias bubur kertas tidak dianjurkan menggunakan bahan kimia yang berakibat dinding menjadi rusak. Gunakan vacuum cleaner yang ujungnya menggunakan bulu untuk membersihkannya. Atau cukup memakai kemoceng (bulu ayam) dan lap kain kering.
Jika dinding penuh kotoran dan debu, Anda bisa menggunakan lap kain basah. Namun peras dulu sebelum kain basah digunakan. Makin basah dinding, makin berkurang daya tahannya. (Devita/idea/berbagai sumber)

(Sumber: www.perumahandijogja.blogspot.com)

Artikel Lain:

Berbenah Rumah Tanpa Masalah 1
Bahan Bangunan Alternatif
Pemilihan Warna Ruangan
Penataan Ruang Menyiasati Rumah Mungil
Sebelum Membeli Ubin Lantai Keramik
Tips Memilih Keramik
Memakai Jasa Kontraktor
Membuat Rumah Mungil Jadi Lega
Jika Rumah Mungil Sudah Kesempitan
Renovasi Rumah Secara Bijak

1 komentar:

  1. Blog yang sangat menarik. Saya ingin mempelajari cara membuat bata imitasi lebih lanjut, kira kira dimana ya saya bisa mendapatkan petunjuk cara membuat dan memasang batu imitasi? Terimakasih jawabannya

    BalasHapus